Baju Ini DIklaim Paling Tua Di Dunia, Usianya 5000 Tahun

Sepotong baju ditemukan di dalam sebuah makam Mesir. Baju ini pun diklaim sebagai baju tertua di dunia. Usia baju ini diperkirakan mencapai 5100 atau 5500 tahun.

Awalnya para ilmuwan tidak menyangka bahwa dalam setumpuk kain yang mereka temukan terdapat baju tertua di dunia. Bahkan, ilmuwan baru menemukan baju tersebut 65 tahun setelah pembongkaran makam Mesir itu.

Baju tersebut diperkirakan dibuat dari dinasti pertama selama periode Naqada III. Baju yang ditemukan menyerupai kaos dengan lengan panjang. Namun menurut para ilmuwan baju ini sebenarnya sebuah gaun panjang.

"Penemuan sebuah tekstil yang bisa bertahan selama ini sangat luar biasa," ujar Alice Stevenson, Kurator Museum Petrie. "Penemuan sebuah baju yang hampir sempurna, luar biasa."

Ilmuwan menduga baju ini biasanya digunakan oleh para bangsawan di masanya. Penemuan tersebut ditemukan oleh W.M. Flinders Petrie yang menggali makam kuno Mesir di daerah selatan Kairo sekitar 1912-1913. Namun saat itu, tim W.M. Flinders menyangka mereka hanya menemukan setumpukan kain kotor.

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Baju Ini DIklaim Paling Tua Di Dunia, Usianya 5000 Tahun"

Post a Comment