Gilaa, Demi Uang Logam Kuno, Pengusaha Ini Keluarkan Rp. 93 Miliar

Mata uang kuno rupanya masih menjadi barang incaran para kolektor. Kali ini giliran koin mata uang yang mendadak heboh diperbincangkan lantaran harganya yang dijual jutaan dolar.

Baru-baru ini, terkuak kabar kepemilikan sebuah koin yang diduga merupakan benda paling bersejarah di dunia. Koin tersebut adalah mata uang bergambar tokoh Amon Carter yang dijuluki Flowing Hair Silver Dollar.

Kini, koin itu dimiliki oleh seorang pengusaha dari Amerika bernama Bruce Morelan. Bruce membeli koin yang pernah dipamerkan di di London tersebut dengan harga USD 13 juta atau setara Rp 93 miliar pada 2013 silam. Saat ini, harga sekian dolar itu sudah mencapai Rp 169 miliar.

Sepintas, tidak ada yang istimewa dari koin mata uang itu. Akan tetapi, koin itu bernilai sejarah lantaran disebut sebagai dolar pertama yang diproduksi di Philadelphia pada 15 Oktober 1794.

Hal tersebut disampaikan pula oleh Managing Director London Mint Office, James Deeny beberapa waktu lalu. Ia bahkan mengatakan bahwa keberadaan koin langka itu merupakan sesuatu yang luar biasa.

"Kami pikir itu adalah yang pertama di antara dolar yang ada dilihat dari kualitas definisi koin," kata James seperti dilansir dari News. "Berpikir bahwa koin dari abad ke-18 ini telah bertahan dalam keadaan seperti ini adalah hal luar biasa."

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Gilaa, Demi Uang Logam Kuno, Pengusaha Ini Keluarkan Rp. 93 Miliar"

Post a Comment