Baru, Glass Disc 5D Bisa Simpan Data Hingga 360TB

Penemuan mutakhir di bidang teknologi diciptakan oleh para peneliti di Inggris. Tim peneliti dari University of Southhampton telah menciptakan media penyimpanan yang dinamakan Glass Disc 5D.

Glass Disc 5D ini merupakan sebuah cakram kaca (glass disc) 5 dimensi (5D) berukuran sangat kecil, yang mampu menyimpan data hingga 360TB untuk sekitar 13,8 miliar tahun. Untuk membuatnya, tim peneliti dari University of Southampton menggunakan proses yang disebut "femtosecond laser writing".

Proses ini menciptakan cakram kecil dari kaca menggunakan laser ultracepat, yang menghasilkan pulsa (arus, tegangan) pendek dan intens cahaya. Pulsa ini dapat menulis data dalam tiga lapisan titik berstruktur nano yang terpisah 5 mikrometer (0.005 mm), dilansir Peta Pixel.

Para peneliti mempresentasikan karya mereka di International Society for Optical Engineering Conference di San Francisco pada minggu ini. Mereka juga berharap bisa mengembangkan teknologi lebih lanjut, yang akhirnya memungkinkan mereka mengomersialkan karyanya.

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Baru, Glass Disc 5D Bisa Simpan Data Hingga 360TB"

Post a Comment