Sekarang Robot Bisa Menolak Perintah Manusia

Robot sejatinya dibuat oleh manusia untuk mematuhi semua yang perintah yang diberikan manusia. Namun, bagaimana jika robot-robot ini justru dilatih untuk menolak perintah yang diberikan?

Beberapa teknisi robot di HRI Labratory di Universitas Tufts di Massachusetts sedang berusaha mengajari robot mereka menolak perintah manusia. Penolakan ini dilakukan jika perintah yang diberikan membahayakan diri mereka sendiri.

Dalam sebuah video, salah satu teknisi terlihat memberikan berbagai perintah kepada sang robot untuk duduk dan berdiri. Namun, ketika robot tersebut diperintahkan untuk berjalan maju, di ujung meja tidak lagi ada pijakan, robot kecil ini menolak perintah tersebut.

"Maaf, aku tidak bisa melakukan ini karena tidak ada lagi pijakan," jawab robot tersebut. Kemudian saat lelaki itu menyuruhnya lagi, sang robot pun menjawab jika ini berbahaya. Pada akhirnya, robot ini setuju untuk berjalan maju ketika sang operator berjanji untuk menangkapnya.


Ide tentang pengembangan robot ini berasal dari Gordon Briggs dan Dr Matthias Scheutz. Namun pengembangan yang dilakukan ini mungkin bertolak belakang dengan hukum robot yang ditulis oleh penulis fiksi sains Isaac Asimov.

Hukum itu mengatakan jika robot harus mematuhi semua perintah manusia. Selain itu, banyak yang takut jika mengajari robot untuk bisa berpikir sendiri dapat berakibat pada bencana.

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Sekarang Robot Bisa Menolak Perintah Manusia"

Post a Comment