Buset Ini Pengalaman Ane, Baru Nikah 2 Minggu Kok Usia Janin 1 Bulan?

Ini tentu saja mengagetkan bagi ane gan, dapet kabar bahwa istri hamil adalah sesuatu yang sangat menggembirakan, apalagi bagi para pasangan suami istri yang baru saja menikah. Tapi bagaimana jadinya ketika kita tahu bahwa usia kehamilan si cabang bayi lebih tua dari usia pernikahan kita. Hal itu juga yang saya alami beberapa waktu silam ketika dapet kabar istri saya hamil di usia pernikahan kami yang baru menginjak 2 mingguan tapi dokter bilang usia janin sudah satu bulan. Jika agan-agan nanti mengalami peristiwa ini, jangan dulu berpikir macam-macam bahwa istri agan selingkuh duluan sebelum nikah atau agan melihat peristiwa ini pada temen agan dan mikir yang macam-macam. Karena ternyata usia kehamilan itu bukan ditentukan dari tanggal terjadinya pembuahan sperma dan ovum sesasat setelah berhubungan badan melainkan dihitung berdasarkan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) saya akan contohkan dengan pengalaman istri saya.

HPHT Istri saya :17 Februari 2015
Kami Menikah Tanggal : 8 Maret 2015
Periksa Ke Dokter : 22 Maret 2015

Perhitungan Usia Kehamilan Yang SALAH : 8 Maret 2015 - 22 Maret 2015 = 14 Hari / 2 Minggu
Perhitungan Usia Kehamilan Yang BENAR : 17 Februari 2015 - 22 Maret 2015 = 1 Bulan 5 Hari

Adapun Prediksi Melahirkan Istri Saya Ditentukan Dengan Rumus Neagele (Rumus Yang menghitung Minggu Ke-40 Dari HPHT) : (Hari+7) – (Bulan - 3) – (Tahun+1) Akan tetapi karena bulan saat istri saya mengalami HPHT tersebut kurang dari 3 (Maret), maka saya menggunakan rumus (Hari+7) – (Bulan +9) – (Tahun).

Berarti HARI PERKIRAAN LAHIR (HPL) Istri Saya adalah : 24-11-2015 (40 Minggu Usia Kehamilan), Bisa diperhatikan sekalipun selisih tanggal tersebut dengan hari pernikahan saya (8 Bulan 2 Minggu 2 Hari) tetapi secara perhitungan HPHT sudah memasuki minggu ke-40 (9 Bulan 10 Hari).

Bagi yang pernah hamil pasti tau perhitungan ini dan menganggap info ini biasa saja, tapi bagi saya yang baru nikah dan mendapati istri hamil 1 bulan, adalah info yang sangat menarik karena akhirnya saya tahu perhitungan usia janin sebenernya bukan dihitung berdasarkan pertama kali sperma dan ovum bertemu melainkan HPHT. Cuman permasalahan lainnya tetep muncul ketika satu persatu teman-teman yang belum menikah mananyakan usia kehamilan istri saya, ekspresi mereka pun kaget seperti saya karena usia kehamilan melebihi usia pernikahan, namun ketika saya jelaskan mereka pun akhirnya mengerti, ya tapi tetep cape karena yang nanya bukan cuman 1 tapi banyak jadi mesti sabar jelasinnya.

JIKA MENSTRUASI TIDAK TERATUR, APAKAH MASIH BISA MENGGUNAKAN HPHT?

Salah satu cara menghitung usia janin adalah dengan , rumus Naegle. Rumus ini didasarkan pada hari pertama haid terakhir (HPHT) seperti yang sudah dijelaskan di atas, dan sebenarnya hanya dapat digunakan pada wanita yang memiliki siklus haid teratur, yakni antara 28-30 hari. Karena beberapa wanita ada juga yang mens nya tidak teratur, Seperti teman saya mengalami mens 3 bulan sekali. Saya sempet mikir, nanti kalo dia nikah, trus langsung hamil seperti istri saya apa reaksi suaminya ketika tahu istrinya baru dinikahin beberapa minggu trus tapi udah hamil 3 bulan gara-gara ngitung usia kehamilan pake HPHT hahaha.... trus gimana dong solusinya?

Nah buat yang mengalami kasus mens tidak teratur, beruntung lah kita berada di era teknologi sekarang yang bisa menggunakan USG sebagai alat untuk menghitung perkiraan usia janin. Dengan alat ini perkiraan persalinan bisa ditentukan cukup akurat jika pemeriksaan USG dilakukan antara usia kehamilan 7–11 minggu (trimester pertama). Ukuran bayi saat itu belum terlalu besar sehingga dokter bisa mengukur kepala sampai kaki janin (crown rump length atau CRL) dalam satu bidang. Lewat dari 11 minggu, kesalahannya adalah plus minus 7–10 hari. Sementara kalau USG baru dilakukan pada trimester kedua, kesalahannya sudah plus minus 2–3 minggu. Kalau dilakukan pada trimester ketiga, kesalahannya sudah plus minus 3–4 minggu. Jadi, semakin besar suatu kehamilan, semakin tidak akurat untuk menentukan usia kehamilan atau taksiran persalinannya. Hal ini dikarenakan perhitungan usia janin dengan menggunakan USG adalah dengan mengukur perkembangan bayi seperti Panjang janin, Lingkar Kepala, Lingkar Perut, Dll dan tentunya perkembangan janin tiap ibu hamil pasti berbeda-beda. Logikanya seperti kita menaksir usia seorang anak yang mempunya tinggi badan 110 cm yang rata-rata berusia 5 tahun, tapi ada juga anak 5 tahun yang tingginya 120 cm atau 100 cm, seperti itulah cara kerja USG. Mengingat taksiran persalinan USG tidak 100% akurat, penting membandingkannya dengan taksiran persalinan berdasarkan HPHT.

Pengalaman pemeriksaan USG istri saya pertama kali , hasil USG menunjukan angka 3 Minggu. Untuk trimester pertama ini, saya cukup yakin dan percaya hasil USG ini, karena selain karena usia pernikahan saya yang baru 2 minggu-an, Pemeriksaan dengan USG di Minggu-Minggu Awal kehamilan tingkat kesalahannya plus minusnya sekitar 1 Minggu sehingga akurasinya lebih tepat. Penggunaan USG kalo udah trimester kedua atau trimester ketiga kehamilan USG tingkat akurasinya semakin berkurang, Pengalaman saya periksa usg di usia kehamilan istri yang sudah 35 Minggu (versi HPHT) ternyata setelah diperiksa dengan USG hasilnya adalah 31 Minggu. Jadi gimana nih cara mengetahui usia janin yang tepat? jawabannya nggak ada yang tahu bro, Rahasia Ilahi!! Mending HPHT dan USG nya dipakai saja buat perbandingan prediksi kelahiran.

SAAT INI, RATA-RATA WANITA MELAHIRKAN TERNYATA KURANG DARI 9 BULAN 10 HARI

Saat ini (3 November 2015) usia kehamilan istri saya sudah memasuki 37 Minggu (Versi HPHT) dan dokter bilang posisi kepala dede bayi udah di saluran kelahiran dan semua organ sudah sempurna, dan prediksi kelahiran kemungkinan bisa lebih cepat di minggu ke-38. Loh kok bisa? bagi pasangan yang takut dede nya lahir prematur, jangan takut dulu karena ternyata banyak kok wanita yang melahirkan kurang dari 40 minggu. Menurut hasil penelitian, rata-rata kelahiran normal yang terjadi saat ini bukanlah 9 bulan 10 hari (280 Hari) tapi 268 Hari (38 Minggu 2 Hari). dan setelah saya tanya ke teman2 yang sudah melahirkan memang mengatakan bahwa rata-rata anaknya lahir di usia 38 Minggu secara normal walaupun ada beberapa orang saja yang saya tanyakan melahirkan di usia 40 minggu.

Untuk Lebih Jelasnya silakan cek hasil penelitian ini
SUMBER : SAAT INI, RATA-RATA WANITA MELAHIRKAN DI USIA 38 MINGGU 2 HARI

Lalu berapa usia kehamilan minimum agar bayi bisa dilahirkan secara normal?
Setelah saya tanyakan dokter, beliau bilang mulai dari usia kehamilan 37 minggu seorang bayi sudah bisa dilahirkan secara normal karena pada usia kehamilan 37 minggu ini seluruh organ tubuh bayi sudah lengkap dan beliau menambahkan maksimum di usia 41 minggu bayi sudah harus lahir jika tidak ingin mengalami risiko sakit atau kematian. Nah kebetulan juga ada referensi yang menguatkan hal tersebut, silakan dibaca
SUMBER : BAYI MULAI LAHIR NORMAL DI USIA KEHAMILAN 37 MINGGU

Demikian sekilas pengalaman saya, mungkin di antara agan-agan ada yang mengalami hal yang sama? soalnya punya pengalaman yang kayak gini sangat unik, dimana saya harus meladeni pertanyaan temen-temen tentang usia kehamilan sampai menanyakan prediksi melahirkan kok bisa di minggu ke-38. Karena jika benar prediksi dokter bahwa istri saya akan melahirkan di minggu ke-38, maka insya Allah Anak saya akan lahir di tanggal 10 November 2015 (8 Bulan 2 Hari semenjak pernikahan saya di tanggal 8 Maret 2015) tapi bisa juga lebih karena dokter kan juga hanya memprediksi. Dan karena dari kemaren banyak banget yang nanyain hal seperti ini, akhirnya saya buat thread ini, jadi biar saya nggak capek jawab pertanyaan mereka satu-satu, biar saya kasih link kaskusnya biar mereka langsung baca (hahahaah) dan siapa tau info ini jadi berguna buat temen2 di kaskus biar kaskus jadi situs yang semakin informatif buat kita semua ya nggak gan? Kalo agan punya pengalaman yang sama dengan saya, silakan dibagikan dimari gan.. Dan mohon doanya mudah-mudahan anak pertama saya dan istri lahir dengan selamat. Amin

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Buset Ini Pengalaman Ane, Baru Nikah 2 Minggu Kok Usia Janin 1 Bulan?"

Post a Comment