Ibu Ini Lahirkan Anak Kembar, Tapi Bayinya Punya Dua Ayah. Kok Bisa?

Seorang pria asal Vietnam mendesak pihak rumah sakit untuk bertanggung jawab karena melihat bayi kembarnya memiliki fisik yang tak sama. Salah satu bayi memiliki rambut tebal bergelombang sementara yang lain berambut tipis dan lurus. Kedua orangtua bayi kembar ini takut jika anaknya tertukar.

Betapa terkejutnya sang ayah saat hasil tes DNA bayi kembar tersebut keluar. Hasilnya, kedua bayi itu memang anak dari sang ibu namun dari ayah yang berbeda.

Menurut Pusat Analisis Genetik dan Teknologi di Hanoi, bayi kembar ini berasal dari ayah berbeda. Kromosom Y milik pria tersebut tak cocok dengan salah satu bayi kembar ini.

"Kasus seperti ini memang sangat jarang terjadi di Vietnam," ujar Le Dinh Luong Presiden Asosiasi Genetik Vietnam. "Di dunia juga jarang terjadi."

Diduga sang ibu dibuahi oleh pria yang berbeda dalam kurun waktu yang berdekatan. Meski jarang, namun kasus semacam ini memang memungkinkan terjadi. Profesor Allan Pacey asal Universitas Sheffield mengungkapkan hal ini bisa terjadi jika sperma dua pria membuahi dua telur yang berbeda.

"Bukan hanya dia berhubungan intim dengan dua pria berbeda dalam waktu berdekatan," ujar Allan. "Tapi itu juga terjadi karena sperma dua pria membuahi dua telur yang berbeda, padahal biasanya hanya satu telur yang bisa dibuahi."

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Ibu Ini Lahirkan Anak Kembar, Tapi Bayinya Punya Dua Ayah. Kok Bisa?"

Post a Comment