Kampung Kunang-Kunang Di Malaysia

Kunang-kunang adalah hewan yang eksotis, tubuhnya dapat bercahaya dalam gelap menghasilkan pemandangan yang unik. Untuk melihat hewan ini, traveler mesti menyempatkan waktu berkunjung ke Malaysia, karena di sana ada 'kampung' tempat tinggalnya ribuan kunang-kunang.

Sebelumnya, pernah dibahas tentang adanya Taman Kunang-Kunang di Tiongkok. Ternyata tak hanya Tiongkok saja yang punya destinasi seperti itu, Malaysia juga punya. Malah, Malaysia punya 'Kampung' sebagai tempat tinggal para hewan bercahaya ini.

Dikutip detikTravel dari situs resmi kota Kuala Selangor, Selasa (24/11/2015), 'Kampung' kunang-kunang ini berlokasi di Kampung Kuantan, Kuala Selangor, Malaysia. Nama resminya adalah Kompleks Pelancongan Kelip-kelip Kampung Kuantan Fireflies Park.



Ya, orang Malaysia menyebut kunang-kunang sebagai kelip-kelip. Meskipun berbeda nama, tetapi hewan yang dimaksud tetaplah sama. Serangga yang bisa berpendar saat malam ini bisa traveler lihat dan nikmati keindahannya di Kampung Kuantan.

Kampung Kuantan memang terkenal dengan kawanan kunang-kunangnya. Bahkan destinasi ini disebut-sebut punya koloni kunang-kunang terbesar di dunia. Tak kurang ribuan, kunang-kunang mendiami desa kecil ini. Mereka biasanya tinggal di sekitar Pohon Berembang (sejenis tanaman mangrove) untuk mencari makan.



Meskipun baik jantan maupun betina bisa berkelap-kelip, akan tetapi kunang-kunang jantanlah yang melakukannya lebih sering dan dalam kelompok yang besar. Mereka melakukan atraksi ini untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Jika sang betina merasa tertarik, maka mereka bisa langsung kawin, mengingat siklus hidup serangga yang terkenal pendek.

Traveler yang berkunjung ke Kampung Kuantan untuk melihat kunang-kunang, biasanya datang saat malam hari. Mereka akan diantarkan tur dengan menggunakan sampan menyusuri sungai Selangor hingga ke habitat kunang-kunang. Penggunaan sampan kecil dan dayung dimaksudkan agar menghindari kebisingan dan polusi yang dapat mengganggu hewan bernama ilmiah Pteroptyx tener itu.



Tur melihat kunang-kunang ini dimulai pada pukul 19.30 dan berakhir pada pukul 22.30 waktu setempat. Harga sewa sampannya sebesar 50 Ringgit (setara Rp 160 ribu), dengan kapasitas 4 orang. Total ada sekitar 27 sampan yang disewakan oleh penduduk lokal untuk melihat kunang-kunang ini.

Kampung Kuantan dapat berjarak kurang lebih 56 KM dari Kuala Lumpur. Perjalanan menuju desa kecil ini dapat ditempuh selama 45 menit dari Kuala Lumpur dengan menggunakan Taxi, biasanya sekitar 40 Ringgit (setara Rp 120 ribu). Selamat mencoba!

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Kampung Kunang-Kunang Di Malaysia"

Post a Comment