Ilmuwan Berhasil Buat Teknologi Charger Dengan Air Kencing

Pada era teknologi saat ini, smartphone merupakan kebutuhan yang vital bagi banyak orang. Bahkan, banyak orang merasa "mati gaya" hanya karena baterai ponselnya habis.

Baru-baru ini, peneliti dari University of the West of England di Bristol tengah mengembangkan teknologi terbaru untuk mengisi ulang baterai ponsel di mana saja. Menariknya, mereka membuat teknologi tersebut dengan memanfaatkan urin atau air kencing.

Mereka mengubah urin menjadi listrik menggunakan sel bahan bakar mikroba dan gerakan berjalan. Teknologi ini bekerja dengan cara mengalirkan urin ke selang-selang dalam kaus kaki seseorang.

Sebelumnya, peneliti sempat membuat teknologi serupa dengan menggunakan pompa. Oleh sebab itu, versi terbaru ini dibuat sebagai alas kaki agar bisa memanfaatkan gerakan manusia.

Professor Ioannis Ieropoulos, pemimpin penelitian ini mengatakan teknologi ini membuka kemungkinan mendaur ulang limbah menjadi energi. "Karya ini membuka kemungkinan penggunaan limbah untuk energi alat-alat elektronik secara portabel dan dapat dipakai," ujarnya.

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Ilmuwan Berhasil Buat Teknologi Charger Dengan Air Kencing"

Post a Comment