Foto Tua Dari Pasar Loak Bernilai Rp 66 Milyar

Pada tahun 2010, seorang pria asal California bernama Randy Guijarro membeli selembar foto lama dan tua di pasar loak dengan harga USD 2 atau sekitar Rp 26 ribu. Namun, siapa yang menyangka jika saat ini foto tersebut justru bernilai Rp 66 miliar?

Rupanya, yang membuat foto tersebut istimewa karena sosok langka Billy the Kid yakni bandit koboi Amerika Serikat yang merajalela di zaman Wild West. Balai lelang Kagin's yang menyelidiki keaslian foto itu menaksir harganya bisa mencapai USD 5 juta atau setara dengan Rp 66 miliar.

"Kami harus benar-benar yakin soal dimana, kapan, bagaimana dan mengapa foto tersebut diambil. Sekedar mirip saja tak cukup untuk kasus semacam ini," ucap David McCarthy dari Kagin's. Setelah memverifikasi keaslian foto ini selama setahun, disimpulkan bahwa foto tersebut adalah asli.

Foto itu memang menampilkan Billy yang sedang bermain kriket bersama teman, keluarga dan komplotannya yakni The Regulators pada musim panas tahun 1878 usai acara pernikahan. Diketahui hanya ada 2 foto yang mengabadikan sosok Billy the Kid.

Foto pertama telah terjual seharga USD 2,3 juta pada 2011 lalu. Sementara itu, Billy the Kid sendiri merupakan sosok terkenal yang mati muda di usia 21 tahun. Hidupnya yang singkat selalu dipenuhi dengan kejahatan, pencurian dan pembunuhan di era koboi pada abad ke-19 di Amerika Serikat.

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Foto Tua Dari Pasar Loak Bernilai Rp 66 Milyar"

Post a Comment