BMKG : Ini Penyebab Gempa Tektonik 6,2 SR di Alor

Waspada gempa, karena getarannya sudah cukup kuat ini tentu merupakan warning keras bagi siapa saja yang ada di sekitar wilayah gempa. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Kupang mencatat penyebab gempa bumi dengan kekuatan 6,2 SR di pulau Alor, NTT pada pada Rabu 4 November 2015, adalah pergeseran lempeng bumi.
"Penyebab gempa Alor itu akibat aktifitas pergeseran lempeng bumi dari pulau wetar yang menusuk ke arah selatan tepatnya di titik gempa utama." Kata Sumawan, Kepala Seksi Data BMKG, Sumawan, saat dihubungi, Rabu (11 November 2015).

Menurut Sumawan, gempa yang mengguncang Pulau Alor itu tergolong gempa tektonik. Hanya, terdapat perbedaan lempeng yang bergeser antara satu daerah dan daerah lainnya.

Dijelaskannya, pascagempa utama yang terjadi satu pekan lalu, gempa susulan dengan kekuatan 2 hingga 4 SR yang terus mengguncang pulau itu.

"Jumlah gempa susulan serta getaran gempa pascagempa utama nanti akan kita ketahui esok, karena petugas sedang membawa alat deteksi gempa di Pulau Alor," terang Sumawan.

Halaman Berikutnya:

0 Response to "BMKG : Ini Penyebab Gempa Tektonik 6,2 SR di Alor"

Post a Comment