Baru Tahu, Ternyata Telur Bisa Berdiri Tegak Saat Gerhana Matahari

Gerhana Matahari Total yang terlihat di sebagian wilayah Indonesia Rabu (9/3) kemarin ternyata menarik perhatian dunia. Bukan cuma di Tanah Air, fenomena langka itu ternyata juga terlihat di negara lain meski hanya Gerhana Matahari Parsial.

Salah satu negara tersebut adalah Malaysia. Bertepatan dengan GMT, pemerintah setempat mengadakan nonton bersama di Planetarium Negara di Kuala Lumpur.

Di sana, pengunjung pun diajak untuk melihat sebuah fenomena unik dan tidak biasa. Pihak planetarium melakukan demonstrasi dengan meletakkan beberapa telur ayam. Ajaibnya, telur-telur ini berdiri tegak ketika gerhana matahari berlangsung.

Peristiwa tersebut sontak membuat pengunjung terpukau. Di saat itulah, petugas planetarium menjelaskan bahwa posisi sejajar bulan, bumi dan matahari saat terjadi gerhana juga dapat mempengaruhi gravitasi yang membuat telur-telur bisa berdiri tegak.

"Dalam kondisi ini, putih telur tertarik ke bagian atas telur, sedangkan kuning telur yang sedikit berat berada di bagian bawah sehingga menciptakan keseimbangan pada telur," tutur Siti Aminah Arbain, seorang pegawai planetarium seperti dilansir dari HMetro. "Ilmuwan berpendapat ada garis medan gravitasi antara matahari dan bumi yang mampu mempengaruhi elektron dalam telur sehingga membuatnya stabil, sehingga memungkinkannya berdiri tegak."

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Baru Tahu, Ternyata Telur Bisa Berdiri Tegak Saat Gerhana Matahari"

Post a Comment