Elite PDI-P : Jangan Teror Jokowi Karena Reshuffle Kabinet

Isu reshuffle kabinet jilid II kembali terdengar di awal tahun ini. Elite PDIP meyakini reshuffle kabinet jilid II tak lama lagi bakal diumumkan Presiden Jokowi.

"Saya kira reshuffle pasti akan terjadi. Karena itu adalah proses yang bias  dan manajemen kinerja selalui disertai dengan menempatkan orang terbaik pada posisi yang tepat," kata Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno kepada detikcom, Senin (4/1/2016).

Namun demikian kapan reshuffle diumumkan, menurut Hendrawan, hanya Presiden yang tahu. Yang dipahami oleh para elite PDIP, Presiden tak ingin didekte soal reshuffle kabinet jilid II.

"Presiden benar dalam hal ini, dia tidak mau diintimidasi, dipaksa-dipaksa, istilah kasarnya diteror," kata Hendrawan.

Tak menutup kemungkinan karena derasnya intimidasi itu kemudian Presiden menunda-nunda pengumuman reshuffle kabinet jilid II. "Mungkin Presiden ini merasa punya tim yang diberi tugas untuk mengevaluasi. Ada Wantimpres memberikan masukan, ini kok begitu bising," kata Hendrawan.

Hendrawan yakin Presiden Jokowi sudah punya gambaran utuh tentang rencana reshuffle kabinet. Kapan waktu pengumumannya tinggal menunggu waktu terbaik.

"Presiden mengakui ada menteri yang bergaya keroncong, ada yang bergaya rock, country, klasik, dan sebagainya. Tetapi dalam mencapai target yang ditetapkan diperlukan orang terbaik yang ditempatkan di posisi yang tepat. The right man oh the right place, sehingga dicapai sinergitas yang maksimal, koordinasinya baik dan solid," kata Hendrawan sembari menegaskan PDIP tak mengintervensi keputusan apa pun yang bakal diambil Presiden terkait reshuffle kabinet jilid dua.

Lalu apakah Presiden bakal mereshuffle sejumlah menteri dari parpol pengusung dalam reshuffle kabinet jilid II nanti?

"Kalau evaluasi dalam pandangan Presiden tidak peduli apakah itu parpol atau non parpol karena dikotomi seperti itu tidak objektif lagi. Kalau ada yang mendorong seperti itu karena takut jatahnya berkurang," kata Hendrawan terkekeh.

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Elite PDI-P : Jangan Teror Jokowi Karena Reshuffle Kabinet"

Post a Comment