Gila! Harga Benda Ini Rp 2 Triliun Per Gramnya

Emas, perak, platinum dan berlian mungkin tidak ada harganya jika disandingkan dengan benda berbasis karbon ini. Pasalnya, benda ini telah dijual dengan harga Rp 440 juta untuk 200 mikrogram atau sekitar Rp 2 triliun untuk satu gramnya.

Dibuat tahun lalu oleh ilmuwan Inggris di laboratorium Oxford, "endohedral fullerence" merupakan sebuah sangkar atom karbon yang terdiri dari atom nitrogen. Material ini memiliki beberapa fungsi penting, digunakan untuk membuat jam atomik yang kecil dan portabel yang akan menunjukkan waktu paling akurat, dan bisa membuat GPS di mobil semakin akurat hingga 1 mm.

"Bayangkan sebuah jam atom mini yang dapat dibawa di dalam smartphone," tutur Dr. Kyriakos Porfyrakis, penemu Designer Carbon Materials, laboratorium yang memproduksi material tersebut. "Ini adalah revolusi berikutnya untuk ponsel."

"Saat ini, ukuran jam atom adalah sebesar ruangan," imbuh Lucius Cary, direktur dari penyandang dana Oxford Technology SEIS. "Fullerence endohedral ini dapat membuat jam atom masuk dalam sebuah chip yang bisa dipasang di ponsel."

"Akan ada banyak aplikasi untuk teknologi ini. Terutama mengontrol kendaraan otonom," sambungnya. "Mungkin suatu hari nanti setiap ponsel akan memiliki benda ini."

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Gila! Harga Benda Ini Rp 2 Triliun Per Gramnya"

Post a Comment