Panwaslu : Terkait Bule Berbikini Sedang Kita Kaji

Panwaslu Kabupaten Malang akan menjadwalkan untuk memanggil pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 2 Dewanti Rumpoko - Masrifah Hadi, untuk dimintai keterangan terkait hadirnya bule berbikini saat kampanye mereka. Komisioner Panwaslu Kabupaten Malang, George da Siilva mengungkapkan masih perlu dilakukan kajian tentang jenis pelanggaran atas kejadian tersebut.

Panwaslu akan memintai keterangan sejumlah pihak terkait kehadiran bule yang hanya mengenakan pakaian dalam saat kampanye pasangan tersebut. Panwaslu mengaku tidak ingin buru-buru menyatakan pasangan cabup dan cawabup ini bersalah.

"Kita sudah melayangkan undangan. Besok (Rabu, 25/11) Dewanti - Masrifah kita undang untuk memberikan keterangan. Kita perlu tahu proses dan situasinya seperti apa, belum tentu bersalah," kata George da Siilva saat dihubungi, Selasa (24/11).

Beberapa foto yang disebarkan melalui Facebook menampilkan bule yang hanya mengenakan bikini bergoyang di atas trailer. Foto tersebut diambil dalam kampanye Dewanti dan Masrifah di Desa Sidodadi, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Adegan tersebut dianggap tidak etis dan memuat unsur pornografi.

"Sedang kita kaji salahnya seperti apa, unsur pelanggarannya seperti apa. Semuanya akan bisa terjawab kalau para saksi dimintai keterangan," katanya.

George menjelaskan, ada dua jenis pelanggaran dalam Pemilu. Pelanggaran menyangkut tindak kriminal akan dilanjutkan ke proses hukum. Sedangkan pelanggaran bersifat administratif akan diserahkan ke KPU (Komisi Pemilihan Umum).

Jika mengacu Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2015 tentang penyelenggaran Pemilu Kepala Daerah ditemukan adanya pelanggaran Pasal 14 dan Pasal 19. Pasal 14 ayat 2 menyatakan bahwa kampanye harus dilakukan secara lisan oleh calon. Sedangkan pasal 19 disebutkan pelaksanaan kampanye dilakukan dengan mengedepankan kesopanan dan kesantunan.

"Kalau memang benar, jelas melanggar kesopanan dan kesantunan, bahkan tidak pantas karena dilakukan di muka umum. Masyarakat kita kan belum biasa dengan yang seperti itu," katanya.

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Panwaslu : Terkait Bule Berbikini Sedang Kita Kaji"

Post a Comment