Fakta Tentang Garam Yang Buat Kamu Terkejut

Sampah memang masih menjadi salah satu masalah yang tidak selesai-selesai untuk ditanggulangi. Tidak hanya jangka waktu pendek saja lho, nyatanya sampah juga memiliki dampak negatif jangka panjang yang di luar dugaan kamu. Coba saja deh kamu pikirkan, berapa juta sampah yang dibuang orang ke sungai dan mengalir hingga ke lautan.
Sebab menurut penelitian, sekitar 5 juta ton sampah setiap tahunnya terbuang di lautan. Alhasil, sampah yang kebanyakan terdiri dari plastik ini pastinya membuat lautan tercemar. Tahu sendiri kan, kalau sampah yang satu ini sukar diurai. Oleh karena itu sebuah studi penelitian di China pun akhirnya menemukan sebuah fakta mencengangkan terkait dampak jangka panjang tersebut.

Penelitian yang dilakukan di sebuah pabrik garam ini menemukan bahwa di setiap 1 kg garam terkandung ratusan mikroplastik. Di mana, garam yang ujung-ujungnya di jual di pasaran itu mau nggak mau membuat masyarakat mengonsumsi plastik setiap harinya, seperti dilansir melalui Asiantown.



Waduh, ngeri banget ya? Yap, fakta yang harus dihadapi oleh penduduk di bumi ini memang mengerikan banget. Pasalnya, terhitung dalam setahun saja nih setiap orang bakal mengonsumsi sekitar 1.000 mikroplastik yang berukuran sangat kecil itu. Apalagi, bagi seseorang yang gemar mengonsumsi makanan laut malah mengonsumsi sekitar 11 ribu per tahun.

Mikroplastik yang hanya berukuran 5 mm ini sebenarnya berasal dari dua sumber yakni dari sampah plastik besar (botol, kantong belanja dan sampah industri). Sedang sampah plastik kecil terdiri atas beberapa produk kosmetik yang biasa kamu gunakan setiap hari seperti sabun cuci muka, scrub, pasta gigi dan lain-lain.



Campuran limbah atau sampah itulah yang mengotori lautan setiap tahunnya. Sehingga, mikroplastik yang satu ini pun mudah sekali diserap atau menarik perhatian biota di laut. Alhasil selain terkandung di garam, mikroplastik ini pun dengan mudahnya dikonsumsi plankton yang kemudian ke kerang atau ikan kecil hingga besar. Di mana ujung-ujungnya bakal berakhir juga ke perut kita.

Terus gimana dong? Masa iya kita nggak mengonsumsi garam atau hidangan laut yang kandungannya dibutuhkan tubuh kita. Ya, tidak ada cara lain lagi selain dimulai diri kita sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan atau kalau bisa mendaur ulang sampah apapun menjadi sesuatu yang lebih berguna. Gimana menurutmu?

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Fakta Tentang Garam Yang Buat Kamu Terkejut"

Post a Comment