Sudah Terbang 8 Menit, Pilot Pesawat Malaysia Airlines Baru Sadar Melakukan Kesalahan

Pesawat adalah kendaraan yang memiliki jalur khusus di udara untuk dapat terbang dengan baik dan aman. Untuk itu, pilot dibekali kecakapan khusus serta kemampuan membaca koordinat titik keberadaan pesawat.

Meski sudah ditentukan rutenya, sejumlah kesalahan bisa saja terjadi dalam mengoperasikan pesawat. Seperti yang dialami Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH132 beberapa waktu lalu.

Penerbangan dari Auckland, Selandia Baru yang akan menuju Kuala Lumpur pada Jumat (25/12) kemarin itu justru berbelok ke arah Melbourne, Australia. Dilansir dari Telegraph, pilot sempat mempertanyakan kepada menara kontrol mengapa pesawat tidak mengambil rute langsung ke arah Kuala Lumpur.

Setelah terbang selama delapan menit, pilot yang sadar pesawat salah arah kemudian mengubah rute penerbangan ke jalur normal. Padahal menurut ahli penerbangan Selandia Baru, Peter Clark, jalur selatan Australia memang biasanya diambil untuk menghindari cuaca buruk. Dalam hal ini, ia menyebut kemungkinan pilot tidak terbiasa dengan jalur selatan.

"Pilot pesawat itu mungkin tidak terbiasa dengan jalur tersebut. Bagaimanapun juga, pilot itu sudah bekerja dengan sangat baik dengan menyadari kesalahan jalur dan sempat bertanya ke ATC," ujar Peter Clark. "Beruntung dia tidak begitu saja terbang yang bisa saja berakibat hilangnya pesawat atau bahkan kecelakaan."

Kendati demikian, operator menara kontrol Airways (ATC) menyatakan akan menyelidiki insiden tersebut. Airways juga akan bekerja sama dengan Malaysia Airlines dan memastikan kejadian itu tidak ada hubungannya dengan gangguan keamanan.

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Sudah Terbang 8 Menit, Pilot Pesawat Malaysia Airlines Baru Sadar Melakukan Kesalahan"

Post a Comment