Cewek Di Filiphina Buat Lampu Menyala Dengan Garam Dapur

Aisa Mijeno mempunyai keinginan untuk membuat lampu alternatif yang akan menerangi warga di Filipina dalam waktu yang lama. Dia pun berusaha mencoba mencari sumber daya lampu yang ramah lingkungan untuk orang-orang di wilayah pesisir.

Saat sedang berkumpul dengan dengan suku Butbut yang tidak memiliki akses listrik, arsitek dan ilmuwan ini akhirnya memiliki ide untuk membuat lampu yang berdaya air garam (SALTs). Lampu ini bisa menyala selama delapan jam hanya dengan dua sendok makan garam dan segelas air.

Cara kerja dari lampu ini sendiri dengan meningkatkan senyawa kimia, katalis dan paduan logam yang jika terendam dalam elektrolit akan menghasilkan listrik. Selain memberikan penerangan tersedia di daerah tersebut, lampu ini juga lebih murah dibandingkan dengan lampu pada umumnya.

Selain itu, lampu tersebut juga lebih aman karena tidak mengandung komponen dan senyawa yang dapat memicu kebakaran. Lampu berdaya air garam juga ramah lingkungan karena tidak memancarkan gas beracun dan meninggalkan jejak karbon minimal.

Saat ini Aisa sedang berusaha menemukan cara untuk memproduksi lampu ini agar tetap awet, ekonomis dan mudah untuk dirawat. SALTs juga dilengkapi dengan USB port yang bisa digunakan untuk mengisi baterai smartphone maupun barang elektronik lainnya. Jika semua sesuai dengan rencana, Aisa percaya produk ini akan bisa dipasarkan 2016 mendatang.

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Cewek Di Filiphina Buat Lampu Menyala Dengan Garam Dapur"

Post a Comment