Dianggap Menulis Lagu Setan, Personil Band Metal Dihukum Mati

Dua warga Iran yang berprofesi sebagai personil band beraliran metal terancam eksekusi mati atas tuduhan penistaan agama. Mereka sebelumnya telah ditahan oleh polisi syariah atas tuduhan menulis musik setan.

Nikan Siyanor Khosravi(23) dan Khosravi Arash Ilkhani(21) telah dijebloskan ke bui sejak 10 November lalu di penjara Evin di Teheran. Aksi mereka dalam penistaan dinilai telah menghina nilai-nilai kepercayaan, lebih dari para pendahulu mereka yang pernah dijatuhi hukuman mati akibat menghina para nabi.

Dalam perkembangan musik di Iran, mereka yang memainkan musik ala Barat, cenderung membuka 'ranjau' pribadi untuk diri mereka sendiri, seperti diberitakan koran the Daily Mail, Sabtu (20/2).

Selama ini mereka menggelar aksi panggung sembunyi-sembunyi agar terhindar dari pencekalan. Semua yang mereka pertunjukan mulai dari musik,lirik dan aksi mempertontonkan kekerasan.

Lantaran menjamurnya musik beraliran sesat, kini Iran terbilang rajin menjatuhi sanksi berat terhadap mereka. Kendati begitu, aksi ini mendapat tekanan dari badan internasional dan pembela hak asasi karena dinilai melanggar kebebasan berekspresi.

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Dianggap Menulis Lagu Setan, Personil Band Metal Dihukum Mati"

Post a Comment