Trenggono Tak Dapat Restu Megawati Untuk Gantikan Menteri Rini?

Meski nama mantan politikus PAN Wahyu Sakti Trenggono dijagokan politikus PDIP untuk menggantikan Menteri BUMN Rini Soemarno, namun belum tentu pengusaha telekomunikasi itu benar-benar akan jadi menteri.

Sebabnya sederhana saja, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak merekomendasikan nama tersebut. "Bolehlah si ini atau si itu mengusulkan si A atau si B, tetapi yang menentukan tetap Bu Mega. Sejauh yang saya tahu, beliau belum sekalipun menyebut nama itu," kata sumber yang dekat dengan Bu Mega.

Menurut sumber tersebut, untuk calon menteri dari PDIP, Presiden Jokowi hanya akan mendengarkan Megawati. Jokowi dan Megawati sepakat untuk menunjuk menteri yang berlatarbelakang bersih.

"Silakan bermanuver macam-macam, kata putus tetap di mereka berdua. Lagian, baik Ibu Mega maupun Pak Jokowi sudah sepakat untuk memilih orang yang bersih, dan jauh dari usaha bisnis bermasalah," kata dia.

Sebelumnya beredar kabar, Trenggono disebut-sebut jadi salah satu nama yang akan masuk ke jajaran kabinet dalam reshuffle jilid II. Meski bukan kader PDIP, Trenggono disebut dijagokan oleh elit PDIP untuk menggantikan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Ditanya soal itu, politikus PDIP Budiman Sutjatmiko menahan tidak berkomentar. Dia mengatakan, keputusan itu ada di tangan Mega dan Jokowi.

"Saya belum cek soal itu. Rumor memang macam-macam, tapi saya tidak bisa mengkofirmasi. Yang tahu itu ketum (Megawati). Beliau yang mengajukan, Presiden Jokowi yang tentukan," katanya kepada merdeka.com, Kamis (31/12).

Menurut Budiman, Trenggono bukan kader PDIP. "Dia bukan PDIP, tapi pernah jadi bagian timses Pak Jokowi. Setahu saya, dia itu PAN," kata Budiman.

Di PAN sendiri, Trenggono sudah tidak aktif lagi. Trenggono menyatakan sudah mundur.

"Beliau sudah mundur dari fungsionaris PAN. Namun kita masih berhubungan baik," tutur Ketua DPP PAN Teguh Juwarno.

Beberapa sumber di DPP PAN menyebutkan, tidak ada nama Trenggono dalam daftar calon menteri yang diajukan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kepada Presiden Jokowi. Yang tersebut dalam daftar itu adalah Wakil Ketua DPR dari Fraksi PAN Taufik Kurniawan, Wakil Ketua Umum PAN Asnan Abnur, Sekjen PAN Eddy Soeparno dan pendiri PAN Didik J Rachbini.

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Trenggono Tak Dapat Restu Megawati Untuk Gantikan Menteri Rini?"

Post a Comment