Gerhana Matahari Total Akan Bakal Terlihat Di Indonesia

Siapa yang pernah menyaksikan gerhana matahari total secara langsung?Bisa dibilang pengalaman ini jarang dimiliki oleh banyak orang. Sebab, pengalaman menyaksikan langsung fenomena alam ini bisa dibilang gampang-gampang susah lho. Bagaimana tidak susah, meski jadwal sudah ditentukan namun penampakan fenomena seperti itu biasanya memang tidak bisa disaksikan di sembarang tempat.
Sebab, penampakan ini hanya bisa dilihat ketika kamu berada di lokasi yang koordinatnya tepat. Jika tidak, sudah tentu kamu tidak akan menyaksikan fenomena itu kan? Beruntungnya saja nih, tahun depan negara kita termasuk beruntung. Sebab, sekitar awal bulan Maret 2016 sejumlah kota di Indonesia diprediksi bakal bisa menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

Kejadian yang bakal diperkirakan berlangsung pada bulan Maret 2016 ini sepertinya tidak akan disia-siakan oleh Kementerian Pariwisata RI. Sebab menyambut momen langka itu, dinas terkait bakal memberi fasilitas untuk wisatawan lokal dan internasional yang ingin menyaksikan langsung GMT dengan event Eclipse Festival 2016, seperti dilansir melalui Dream.



Eclipse Festival 2016 ini rencananya tidak hanya digelar di satu kota saja lho, melainkan akan digelar serempak di beberapa kota dan provinsi sekaligus. Memang sih, hingga saat ini dinas terkait masih belum membocorkan lokasi mana saja yang bakal jadi tempat gelaran festival unik ini.

Hanya saja, salah satu dari sekian lokasi itu bakal bertempat di Ngata Baru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Lokasi ini bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 25 menit dari Kota Palu dan 15 menit dari Bandara Mutiara Palu.

Di mana, Ngata Baru ini adalah bukit tertinggi di Kabupaten Sigi yang dikelilingi pegunungan dan sungai yang kerap dihinggapi oleh ribuan kupu-kupu. Makanya, tak heran juga kan kalau lokasi ini terpilih karena Gerhana Matahari Total (GMT) bisa disaksikan dengan daya pandang terbaik.

Selain memandang Gerhana MaTahari Total secara langsung. Pengunjung juga bakal disuguhi berbagai workshop, galeri seni serta menyaksikan berbagai film dokumenter karya sineas dalam negeri. Wah, menarik sekali bukan? Kira-kira daerah manalagi ya yang bakal jadi lokasi pagelaran ini? Pasti kamu sudah tak sabar menghadirinya kan?

Halaman Berikutnya:

0 Response to "Gerhana Matahari Total Akan Bakal Terlihat Di Indonesia"

Post a Comment